Silahkan Pilih Warna Latar Blog ini Sesuai Dengan kenyamanan Yang Anda Suka
Selamat Datang di zainuddinkurnia.blogspot.com

Kamis, 28 Oktober 2010

MEMBUAT FILE JAVA SEDERHANA DAN MEMBUKANYA






Untuk bisa membuat dan membuka program Java, Anda harus menginstall program "Java(TM) SE Development Kit" yang dapat didownload di situs http://www.java.com

-------------------------------------------------

MEMBUAT FILE JAVA (TINGKAT SANGAT DASAR)

1) Buat file java HANYA DI NOTEPAD. Isikan dengan ketentuan sebagai berikut:

public class selamatdatang {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Selamat datang di Java!");
}
}

NB : Ingat! Java bersifat SENSITIVE CASE! JANGAN ADA KESALAHAN ANTARA HURUF BESAR DAN KECIL

2) Simpan file tersebut dengan namafile yang berekstensi java. Ingat! NAMA FILE HARUS SESUAI DENGAN NAMA CLASS (dapat dilihat pada setelah kalimat public class). Karena saya mengisi selamatdatang, maka saya harus menyimpan file tersebut dengan nama selamatdatang.java

NB : Simpan file java dalam directory khusus (folder khusus)! Sebagai contoh, saya menyimpan di D:\datajava



-------------------------------------------------

MEMBUKA FILE JAVA

1) Membuat file yang berekstensi bat. Isikan dengan ketentuan sebagai berikut:

cd datajava
set path=%path%;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\bin

NB: cd datajava menunjukkan perintah untuk masuk ke D:\datajava (tempat dimana saya menyimpan file java)
sedangkan C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\bin adalah address dimana saya menginstall "Java(TM) SE Development Kit"

2) Simpan file tersebut dengan namafile berekstensi bat. Namanya boleh sembarang, simpan di drive yang dimana sebagai tempat Anda tadi menyimpan file java, tetapi JANGAN SIMPAN DI FOLDER! Sebagai contoh, saya beri nama datajava.bat dan saya simpan di D:/



3) Buka Command Prompt



4) Ketik D:



5) Ketik namafile yang berekstensi bat tadi. Karena saya memberi nama datajava.bat, maka saya ketik datajava.bat



6) Untuk membuka program Java, kita harus compile file tersebut (yang dimana isinya menjadi bytecode) dengan ekstensi class. Ketik javac namafile.java Karena saya ingin compile selamatdatang.java maka saya ketik javac selamatdatang.java



Hal ini akan terlihat ada file baru berekstensi class ditempat Anda menyimpan file java



Atau anda juga dapat mengecek lewat cmd dengan cara ketik dir namafile.* Karena saya mengcompile file selamatdatang.java maka saya ketik dir selamatdatang.*



Terlihat ada file berekstensi java dan class

7) Ketik java namafile
Karena saya mengcompile file selamatdatang.java maka saya ketik java selamatdatang



8) Muncul tulisan Selamat datang di Java!

-------------------------------------------------

Daftar Pustaka (Dalam bentuk e-book):
Liang, Y. Daniel. 2007. Introduction to Java Programming: Comprehensive Version Sixth Edition United States of America: Pearson Education, Inc.



Sumber : http://hellochil.blogspot.com/2009_09_01_archive.html

1 komentar:

  1. Thanks gan tutorianya kebetulan nehh ane lagi nyari2 yang beginian..
    kalau boleh tau ada ga agan ngepost tentang tuingkat lajutnya gann?

    oia kunbak ya ke blog ane gan..
    di strenght-of-the-world.blogspot.com

    BalasHapus

Milu ke

Share |